Selasa, 08 Mei 2012

Sosialiasi MGC perdan di Kelurahan Lariangbangi RW 02 yang dipadati Warga CINA

         Program Makassar Green and Clean di tahun kelima di Kota Makassar merupakan perwujudan perhatian serta kelanjutan dalam mencapai Makassar kota Dunia. Peran serta pemerintah kota dalam menghimbau, mengamanahkan serta memberi putusan untuk dilibatkan seluruh masyarakat kota sehingga partisipasi dalam program bisa jauh lebih banyak. setelah Sosialisasi Bank Sampah yang dilakukan pada tanggal 4 Mei 2012 dibalaikota yang dihadiri oleh sekitar 140 fasilitator lingkungan wilayah baru MGC maka selanjutnya agenda MGC diarahkan pada sosialisasi wilayah. Sosialisasi wilayah yang dilakukan oleh TIM MOTIVATOR YPN adalah bertujuan untuk memberikan edukasi serta pemahaman warga akan program MGC itu sendiri. Selain itu kedatangan Motivator ke wilayah sekaligus memupuk keterjalinan kordinasi dan juga silaturahmi sehingga tercipta hubungan sinergi yang baik antara Fasilitator dan Warga setempat bersama motivator yang mendapingi wilayah tersebut.
            Sosialisasi pada wilayah baru MGC akan dilakukan dalam 4 tahap. yang pertama Sosialisasi tentang penjabaran serta pemaparan konsep MGC tahun 2012 dimana dalam sosialisasi pertemuan pertama, motivator melakukan pengenalan serta memberikan bagaimana mekanisme program MGC. selain itu dari pertemuan ini pula akan dibahas bagaimana mengajak seluruh warga RW terlibat dalam program MGC dan kesiapan sistem administrasi wilayah. Sosialisasi tahap ke dua nantinya akan dilakukan edukasi dan pelatihan Sampah Kering dengan manajemen Sistem BANK SAMPAH. untuk sosialisasi tahap ketiga yang dilakukan adalah edukasi dan pelatihan pengolahan Sampah Basah dengan metode komposting. dan yang terkahir sosialisasi dilakukan untuk memberikan pelatihan proses daur ulang sampah an organik menjadi TRASHION.
Motivator MGC berkordinasi dengan bu RW 02 Kel Lariangbangi

Penyampaian konsep MGC kepada warga pejuang lingkungan RW 2

Pak Lurah Lariangbangi memberi pengarahan dan semangat kepada warga

Pemaparan alur MGC 

Bincang-bincang warga bersama perwakilan JICA yang turut hadir mendampingi Motivator, Ibu EMI OKAWA dan MIO KOBAYASI

Perwakilan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Bapak Andi Iskandar dalam Sosialisasi MGC

       ada banyak kendala yang dihadapi kelurahan ini, dari 4 RW yang ada ORW 2 yang terkahir didaftar oleh bapak lurah. warga yang dominan orang cina sangat mempengaruhi keterlibatan warga dalam program ini. tutur kata bu RW mba Ning, mengungkapkan bahwa sebagian warga rw 2 adalah keturunan Cina sehingga sangat sulit untuk diajak berpartisipasi dalam program. ini menjadi tantangan tersendir oleh fasilitator dan juga motivator dalam merubah wajah lingkungan nantinya. semoga dari pertemuan ini akan lahir semangat baru yang bisa membuat wilayah ini jauh lebih maju dari sebelumnya.


jay tsunami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar