Sabtu, 05 Mei 2012

Bank Sampah Hadir di Makassar Green and Clean



Program Makassar Green and Clean (MGC) kembali mengadakan kegiatan pelatihan bagi fasilitataor-fasilitatornya. Kegiatan sosialisasi dan workshop bank sampah ini dilaksanakan di Ruang Pola Balaikota Makassar. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep bank sampah kepada seluruh fasilitator kelurahan yang berperan dalam kegiatan Green and Clean 2012.
Fasilitator lingkungan MGC tahun 2012

Mengingat bahwa mereka adalah mayoritas orang-orang baru dalam kegiatan lingkugan sehingga perlu mendapatkan edukasi awal. Demikian pula dengan bank sampah yang merupakan program awal dan baru pada tahun ini dimasukkan dalam program Makassar Green and Clean. Hadirnya bank sampah dalam program  ini dimaksudkan agar permasalahan sampah di kota Makassar dapat diatasi. Melalui bank sampah ini nantinya diharapkan dapat meminimalisir sampah yang terbuang ke tempat pembuangan akhir (TPA). Bahkan sebaliknya dapat bernilai ekonomis. Hal tersebut dituturkan oleh Muh. Jaya, koordinator Makassar Green and Clean. “
Sekarang, kurang lebih 600 ton sampah perhari yang dibuang ke TPA Tamangapa, Sudiang. Itu pun hanya seperdua dari jumlah total sampah yang dihasilkan oleh masyarakat kota Makassar.” Paparnya. Hal itu diutarakan oleh Muhammad Jaya dalam penyampaian materinya pada acara sosialisasi bank sampah, Jum’at, 04 Mei kemarin..
Memang di tahun kelima bergulirnya, program Makassar Green and Clean semakin ditingkatkan dengan membentuk bank sampah kota. Sehingga sampah-sampah hasil pilahan  dari bank sampah ORW akan ditarik ke bank sampah kota. Jika hal ini berjalan sesuai dengan rencana, maka sampah hasil pilahan wilayah binaan Makassar Green and Clean akan dijemput oleh petugas dari bank sampah kota. Dan sampah-sampah yang masih dapat dimanfaatkan dan bernilai ekonomis akan dibeli oleh bank sampah kota.
Di dalam acara workshop bank sampah ini juga hadir fasilitator yang telah lebih dulu mengembangkan bank sampah. Yakni para fasiltator dari 9 program Kampung Pintar tahun 2011. Mereka saling berbagi pengalaman tentang pengelolaan bank sampah kepada fasilitator baru.
Registrasi peserta sosialisasi dan Workshop MGC

Peserta dari berbagai kelurahan d 14 Kecamatan Seluruh Makassar

Kata Sambutan sekaligus Pembukaan Secara Resmi Kegiatan Oleh Asisten II Pemkot Makassar, Bapak Ruslan Abu

Bapak Saharuddin Ridwan selaku Project Officer dalam Pemamaran konsep MGC 2012

Paguyuban fasilitator tingkat Kota Makassar dalam kordinasi FOR-KASIH (Forum Kampung Bersih dan Hijau)

Materi sistem Bank Sampah Oleh Manager Lingkungan YPN, Muhammad Jaya

Simulasi Sistem Bank Sampah oleh Mba Yasmin perwakilan Yayasan Unilever Indonesia

Beberapa Fasilitator diajak melakukan simulasi bank sampah

Fasiitator kelurahan Pampang kecamatan Panakukkang dalam sela tanya jawab materi

Antusias fasilitator dalam kegiatan sosialisasi dan workshop bank sampah



2 komentar:

  1. Dapat info untuk gabung kegiatan makassar green and cleen dimana yah? Infonya dong dimasprakosooo@yahoo.co.id

    BalasHapus
  2. Bisa minta nomor untuk hubungin makassar green and clean gag?

    BalasHapus