Selasa, 27 September 2011

Launching Makassar Green and Clean 2011

         Alhamdulillah launching MGC hari ini berjalan lancar, semua stakeholder hadir. 14 camat, 143 lurah dan 320 fasilitator serta ketua RW sekota mks hadir dalam launching yang kami gelar hari ini di ruang pola balaikota makassar. bapak walikota dan wawali hadir langsung di kegiatan ini. smoga menjadi inspirasi bagi warga makassar. mulai besok, pendaftaran akan dilakukan di fajar melalui form pendaftaran yang telah terbit di Fajar sejak kemarin.




Makassar Green & Clean akan memasuki tahun ke-4 di kota Makassar, Makassar Green and Clean 2011 merupakan program kemandirian masyarakat yang bertujuan untuk menciptakan wilayah binaan yang memiliki potensi untuk bisa di kembangkan sehingga bisa menciptakan wilayah, bersih, hijau dan sehat yang  dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Pada tahun ini program kampung pintar akan dilaksanakan untuk ke-4 kalinya di kota Makassar yang merupakan program kemitraan antara Pemkot Makassar, PT. Unilever Indonesia. Tbk, harian Fajar serta Yayasan Peduli Negeri (YPN). Progam MGC  ini akan di launchingkan pada hari Salasa 27 September 2011 bertempat di Ruang Pola Balaikota Makassar.
Pada MGC 2011 ini akan menargetkan seluruh RW di 143 kelurahan akan mendaftar pada kompetisi Kampungku Bersih minimal dalam 1 kelurahan akan menciptakan 1 RW yang berhasil mengikuti Program MGC baik sebagai wilayah maju (wilayah yang telah mendapatkan nominasi pada kompetisi MGC ditahun sebelumnya) ataupun wilayah berkembang (wilayah yang tidak pernah mendapatkan nominasi pada kompetisi MGC di tahun sebelumnya). Peningkatan progres wilayah green and clean akan ditingkatlkan dengan menggunakan 3 pilar utama yakni pilar lingkungan, pilar kesehatan dan pilar pendidikan. Seperti pada tahun sebelumnya formulir pendaftaran  akan di muat pada harian Fajar, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendaftar sebagai peserta Green & Clean 2011. Adapun bentuk kerja dari program MGC ini adalah:
1.      Setiap RW akan terwakili oleh Fasilitator masing-masing wilayah yang menjadi pusat kordinasi lapangan.
2.      Setiap RW membentuk kelompok kerja yang dikordinir oleh fasilitator dengan kader lingkungan sebagai rekan kerja progress wilayah.
3.      Setiap kelipatan 10 rumah dalam satu RW akan ditunjuk satu kader lingkungan yang menangani 10 rumah tersebut.
4.     
GREEN AND CLEAN  COMMUNITY
KOTA MAKASSAR
 
MOTIVATOR
 
FASILITATOR
1. LINGKUNGAN
2.  KESEHATAN  3. PENDIDIKAN
 
KADER LINGKUNGAN
 
PEJUANG LINGKUNGAN
 
Setiap rumah atau Kepala keluarga mendaftarkan minimal satu nama pejuang lingkungan sebagai basis anggota dalam wilayah masing-masing




  

  mekanisme pendaftaran.
1. formulir pendaftaran diambil dari guntingan koran fajar
2. mengisi data isian sesuai  RW yang ditujukan dan yang akan didaftarkan
3. lokasi pendaftaran di lantai 4 gedung graha pena fajar
4. pendaftaran dimulai pada tanggal 30 September sampai 12 Oktober 2011
5. pendaftaran dilkukan dengan satu rombongan kecamatan yang dipimping oleh bapak camat didampingi oleh lurah masing-masing serta dikawal oleh ketua RW
6. pendaftaran akan dilayani oleh panitia mulai jam 09.00 sampai pukul 15.00 setiap harinya kecuali hari sabtu dan minggu
7. pendaftaran akan didokumentasikan
8. pendaftar akan menerima langkah teknis selanjutnya (time line, mekanisme penawaran sosialisasi wilayah dan kewajiban yang dipersiapkan selanjutnya)
9. seluruh wilayah yang mendaftar akan diseleksi berkas

ditulis jay tsunami.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar