Minggu, 11 September 2011

PROGRAM RAMAH LINGKUNGAN BLHD KOTA MAKASSAR

    Konsep ini digagas oleh Badan Lingkungan Hidup Daerah kota Makassar yang merupakan kelanjutan dalam memerhati sebuah lingkungan yang tetap terjaga keasrian dari program makassar Green and Clean. Proses yang selama ini terjadi telah banyak meningggalkan kesan yang tidak terlihat lagi bagi wilayah yang telah mendapat nominasi dan juga juara di tahun sebelumnya. Dari upaya ini diharapkan mampu menumbuhkembangkan semangat dari bersih dan hijau di lingkungan serta kembali meningkatkan budaya PHBS di warga itu sendiri.
  Program ini sendiri lahir dari adanya rasa prihatin akan kondisi wilayah yang semakin jarang diperhatikan. Selain itu pula  wilayah binaan MGC tidak serta merta menjadi cikal bakal untuk wilayah pilot project  tetapi menjadi ikon terbesar yang dimiliki oleh kota Makassar. Nantinya beberapa lembaga akan mengawal prpgram ini dan menjadikan program ini dapat diupgrade dan dicontoh oleh lembaga dan dinas lainnya.
NAMA KEGIATAN : Warga Ramah Lingkungan
WAKTU KEGIATAN : per triwulan
POLA KEGIATAN : berkala dengan monitoring progres
PESERTA KEGIATAN : 20 wilayah nominasi MGC 2008
PELAKSANA KEGIATAN : Badan Lingkungan Hidup Daerah dan Yayasan Peduli Negeri

      Program Ramah lingkungan adalah merupakan suatu wahana baru yang bisa memberikan semangat kepada warga wilayah binaan MGC untuk kembali menciptakan budaya bersih, hijau, sehat, hemat dan aman. Dalam kegiatan ini diupayakan wilayah yang pertama kali menjadi nominasi green and clean mampu mengembalikan kondisi wilayah pada saat wilayah tersebut juara. Dengan kondisi sekarang yang sudah jarang lagi diperhatikan maka penurunan kondisi fisik dan budaya makin merosot. Dari program ini maka wilayah tersebut bisa tetap menjadi ikon wilayah green and clean  yang terus menerus meningkat dan kembali menjadi wilayah rekomendasi titik kunjungan dari pola yang sudah ada.
PENULIS : JAY TSUNAMI 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar